JellyPages.com

Jumat, 26 Desember 2014

Manajemen Keuangan - Unsur Penting dalam Suatu Perusahaan

Pengantar Bisnis [Bag. 13]

          Di dalam suatu perusahaan tentu tidak lupa peran dari organisasi –organisasi yang menempatkan tugasnya masing – masing demi kelancaran dan tertatanya jalannya suatu perusahaan. Seperti halnya keuangan, tentu di dalam perusahaan apalagi bagi perusahaan yang berjalan di dunia bisnis pasti harus ada yang mengatur keluar dan masuknya uang, dari mulai modal hingga penghasilan serta pengeluaran yang didapat suatu perusahaan. Sehingga tentu saja peran dari pihak yang mengelola keuangan atau disebut manajemen keuangan sangatlah penting.



          Manajemen keuangan itu sendiri memiliki pengertian yaitu kegiatan untuk mengatur, mengelola berbagai hal yang berhubungan dengan uang di dalam perusahaan, seperti mengenai modal, pemasukan serta pengeluaran kas suatu perusahaan. Dengan begitu, manajemen keuangan bertujuan agar keuangan dapat termonitor dengan baik serta dapat diketahui dengan jelas melalui pencatatan akuntansi, berapa yang dihasilkan dan berapa yang dikeluarkan dan apakah perusahaan memperoleh laba atau rugi.

          Manajemen keuangan tentu tidak luput dari kegiatan investasi, karena investasi merupakan sarana untuk keberlangsungan bisnis dari suatu perusahaan, investasi ini berhubungan dengan keuangan. Kegiatan investasi ini pun tentunya menghasilkan nilai yang menjadi nilai tambah suatu perusahaan. Nilai tersebut dapat dilihat dengan langkah – langkah, yaitu : langkah pertama, memperkirakan arus kas mendatang yang diharapkan ; kedua, memperkirakan hasil yang dicapai dari sebuah proyek berdasarkan tingkat resikonya ; ketiga, menghitung nilai sekarang dari kas yang masuk dikurangi nilai investasi awal.

          Perusahaan tentunya membutuhkan dana untuk kelangsungan perusahaannya agar dapat tetap beroperasi sebagaimana mestinya. Untuk itu, manajemen keuangan di dalam perusahaan menjadi unsur terpenting agar kegiatan bisnis suatu perusahaan dapat berjalan teratur dan berlangsung dengan baik.


cr. wikipedia ; manajemenkeuanganakuntansi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar