JellyPages.com

Sabtu, 13 Desember 2014

Apa saja Tanggung Jawab dari seorang Pengusaha ?

Pengantar Bisnis [Bag. 12]


          Dalam melakukan usaha tidak lupa kita harus memerhatikan lingkungan sekitar termasuk melaksanakan tanggung jawab sebagai pengusaha terhadap masyarakat yang berperan sebagai konsumen.

Masyarakat berperan sebagai konsumen dan berkeinginan untuk mendapatkan produk yang baik dan sesuai kebutuhan, untuk itu sebagai pengusaha atau produsen bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan konsumen sesuai dengan apa yang dibutuhkan sehingga terjadi interaksi yang baik di antara produsen dan konsumen.

Perusahaan memiliki kewajiban – kewajiban yang harus dilaksanankan yaitu di antaranya : memberikan produk sesuai dengan ketentuan yang ada, menghindari penggunaan paksaan serta pengaruh, mematuhi isi perjanjian penjualan, memahami sifat produk, dan sebagainya. Dengan produsen melaksanakan kewajiban – kewajiban yang ada maka produsen telah menghormati hak – hak konsumen di dalam mendapatkan produk sesuai kebutuhannya.

Bentuk – bentuk tanggung jawab seorang pengusaha yaitu : tanggung jawab terhadap tenaga kerja ; tanggung jawab terhadap konsumen ; tanggung jawab terhadap lingkungan ; serta tanggung jawab sosial.

Dengan ini dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab pengusaha terhadap masyarakat yang merupakan konsumen sangatlah penting agar perusahaan dapat mengatur, mengolah serta memanfaatkan lingkungan secara baik untuk tidak hanya meningkatkan efisiensi perusahaan itu sendiri namun juga lingkungan di sekitar dan memberikan manfaat di masa yang akan datang.


cr. ekonomi.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar