JellyPages.com

Senin, 08 Desember 2014

Time Value of Money (Konsep Nilai Waktu dari Uang)

Pengantar Bisnis [Bag. 11]



Konsep nilai waktu dari uang memiliki pengertian yaitu nilai dari suatu uang yang dilihat berdasarkan berjalannya waktu, maksudnya nilai dari uang sekarang akan berbeda dengan nilai uang untuk tahun yang akan datang. Waktu merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan nilai uang. Nilai uang dapat berubah karena perubahan waktu

Konsep ini berkaitan dengan tingkat suku bunga. Hal ini menyebabkan masyarakat hanya menyimpan uang apabila tingkat bunga bank sedang tinggi, dikarenakan masyarakat beranggapan jika bunga bank tinggi, maka nilai uang untuk masa yang akan datang juga akan tinggi. Padahal, konsep nilai waktu dari uang ini tidak memperhitungkan tingkat inflasi.

Manfaat konsep ini di dalam perusahaan yaitu untuk mengetahui jumlah anggaran yang akan diterima dari investor di masa yang akan datang, apakah memberikan keuntungan atau tidak.

Adapun banyak faktor yang mempengaruhi perubahan nilai uang, yaitu :
  •       Perubahan suku bunga
  •       Tingkat inflasi
  •       Pajak dalam kebijakan pemerintah
  •       Kondisi politik

Anuitas adalah pembayaran atau penerimaan yang jumlahnya sama dan harus dibayarkan atau diterima tiap akhir periode. Karakteristik dari anuitas adalah :
1. Jangka waktu sama
2. Suku bunga yang diberlakukan
3. Jumlah yang dibayarkan tiap periodenya sama

          Contoh penerapan anuitas seperti kredit perumahan, kredit yang diberikan pihak bank, dan lain – lain.


cr. ilmumanajemen.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar