JellyPages.com

Sabtu, 24 Januari 2015

Bagaimana Inflasi Mempengaruhi Perekonomian Negara



Pengantar Bisnis [Bag. 17]

          Dalam dunia bisnis tentunya banyak sekali aspek – aspek yang mempengaruhi bagaimana suatu perusahaan berkembang, baik dari lingkungan eksternal maupun internal, berikut penjelasan dari salah satu aspek eksternal yang mempengaruhi perkembangan suatu perekonomian yaitu inflasi.

          Pengertian dari inflasi adalah suatu tahap meningkatnya harga - harga secara umum berkaitan dengan mekanisme pasar yang berlaku dan terjadi secara terus menerus. Inflasi dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor, yaitu nilai mata uang yang turun, distribusi barang yang tidak lancar, serta konsumsi masyarakat yang semakin meningkat.

          Dampak yang ditimbulkan akibat adanya inflasi ada yang positif namun ada pula yang negatif. Berikut dampak yang ditimbulkan terhadap kegiatan ekonomi masyarakat:
a.    Dampak positif
1.    Produksi barang – barang yang bertambah karena keuntungan pengusaha yang juga bertambah
2.    Peredaran barang lebih cepat
3.    Kesempatan kerja bertambah karena terdapat tambahan investasi
b.    Dampak negatif
1.    Nilai terhadap uang akan turun
2.    Harga barang dan jasa akan naik
3.    Banyak proyek pembangunan yang terlantar

Pemerintah berusaha mengatasi terjadinya inflasi yaitu dengan melakukan kebijakan moneter dan fiskal. Kebijakan moneter itu sendiri yaitu terkait dengan regulasi peredaran uang. Tujuannya adalah:
·      Mengatur peredaran uang
·      Mencegah jenis inflasi yang merugikan terjadi kembali
·      Menjaga kestabilan nilai uang
·      Mengatur lalu lintas dari pembayaran giral

Sedangkan kebijakan fiskal yaitu berkaitan dengan kondisi keuangan pemerintah. Yang dilakukan pemerintah di dalam melaksanakan kebijakan fiskal yaitu dengan:
§    Menaikkan pajak
§    Mengatur penerimaan dan pengeluaran pemerintah

Adapun pihak – pihak yang mendapatkan keuntungan akibat terjadinya inflasi, yaitu: pedagang, pengusaha, peminjam, spekulan. Namun ada pula pihak – pihak yang dirugikan yaitu: konsumen, kontraktor, penabung, dan pemberi pinjaman (kreditur).

Oleh karena itu, diharapkan apa yang menjadi kebijakan pemerintah bisa diwujudkan secara baik dan benar agar terjadinya inflasi dapat dihindari dan dilakukan pencegahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar