Perekonomian suatu negara tentunya sangat
dipengaruhi oleh faktor – faktor disekitarnya, sehingga setiap perubahannya
dipengaruhi oleh faktor: era globalisasi dan era teknologi (informasi). Disni
hanya akan dibahas mengenai faktor perubahan ekonomi pada era teknologi
(informasi).
Pada era teknologi tentu memunculkan bermacam
– macam inovasi dalam pelaksanaan kegiatan bisnis terutama dalam bidang
promosi, suatu perusahaan dapat dipastikan menggunakan media teknologi
informasi di dalam memasarkan produknya, dan tetunya hal itu membawa dampak
yang baik bagi produsen dan konsumen, selain memudahkan produsen dalam
mengenalkan produk kepada konsumen namun konsumen juga dimudahkan dalam
penyediaan informasi karena informasi tentang produk tersebut dapat dengan mudah
ditemukan di media internet.
Dengan begitu, di era ini perubahan ekonomi
semakin terlihat dari rumit menjadi lebih mudah dan praktis. Tentunya perubahan
ekonomi yang terjadi karena era teknologi ini memberikan dampak, yaitu:
a.
Semakin
banyak pesaing
b.
Kekuasaan
yang beralih kepada konsumen
c.
Konsumen
akan lebih selektif dalam memilih produk
d.
Sudah
tidak ada lagi batasan wilayah dari satu negara ke negara lain dalam menawarkan
produk
Oleh karena itu, pelaku bisnis harus dapat
menyesuaikan diri dengan perubahan – perubahan yang terjadi di dalam ekonomi
agar dapat mengimbangi negara lain dan perekonomian negara dapat terus
berkembang kearah yang lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar