JellyPages.com

Kamis, 18 Juni 2015

Masalah Ketahanan Pangan yang Perlu diatasi




Topik    : 13. Ketahanan Pangan Nasional

Ketahanan pangan merupakan ketersediaan bahan makanan atau pangan dimana setiap individu mampu memperolehnya sebagai kebutuhan dasar. Ketahanan pangan dapat tercipta jika individu mendapatkan kebutuhan pangan atau makanan yang bergizi dan memberikan manfaat untuk dirinya serta aman di konsumsi. Indonesia sebagai negara agraris tentu memiliki banyak sumber daya alam yang dapat diolah menjadi suatu kebutuhan pokok masyarakat, namun seiring berjalannya waktu kondisi ketahanan pangan di Indonesia kian memburuk dikarenakan semakin berkurangnya lahan – lahan pertanian yang menjadi tempat kebutuhan pokok masyarakat di produksi akibat peralihan fungsi lahan pertanian yang semakin marak akhir – akhir ini. Ditambah lagi dengan terus meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia sehingga tentu menuntut lebih banyak lagi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, sehingga diprediksi ketahanan pangan di Indonesia akan semakin memburuk. Tentu ini menjadi suatu kewajiban serta tugas yang berat bagi pemerintah untuk mengatasi masalah pangan di Indonesia. Sangat diperlukan kebijakan – kebijakan yang efisien untuk mengatasinya dan perlu perencanaan yang matang setidaknya untuk mengurangi hingga dapat menghilangkan masalah ketahanan pangan ini dari tahun ke tahun.
Dikutip dari situs berita antaranews.com dipaparkan bahwa ada beberapa masalah yang dihadapi mengenai ketahanan pangan di Indonesia, yaitu upaya untuk meningkatkan sejumlah komoditas unggulan pertanian seperti beras, jagung, kedelai, gula menuju swasembada dan swasembada berkelanjutan, masih ditemuinya kasus kekurangan produksi di sejumlah daerah serta stabilitas harga yang masih menjadi masalah. Menurut Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso yang mengatakan bahwa ada 3 hal yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah ketahanan pangan, 3 hal tersebut meliputi aspek ketersediaan, keterjangkauan dan pendistribusian. Jika ketiga hal tersebut dapat dipenuhi dan diantisipasi serta distribusi bisa ke mana-mana lalu harga terjangkau, maka ketahanan pangan dapat dijangkau, begitu menurut Sutarto.

Kebutuhan Pangan

Petani memang berada pada posisi strategis dalam ketahanan pangan, sebagai konsumen juga sebagai produsen, tetapi apakah hanya petani yang berupaya untuk mewujudkan ketahanan pangan? Selain petani tentu pemerintah juga harus turut serta dalam mengambil keputusan serta menentukan kebijakan apa yang perlu dilakukan. Penurunan kualitas dan kuantitas sumber daya lahan pertanian, serta terbatasnya aspek ketersediaan infrastruktur penunjang pertanian yang menyebabkan upaya mewujudan ketahanan pangan masih belum dapat terwujud.
Oleh karena itu, perlu penyelesaian yang efektif dalam menangani masalah ketahanan pangan ini, tidak hanya dilimpahkan kepada petani tetapi juga pemerintah yang memiliki kewajiban besar untuk mengatasi masalah – masalah yang ada. Semoga ke depannya, ketahanan pangan di Indonesia lebih baik lagi.



Referensi:
http://www.antaranews.com/berita/188121/presiden-memaparkan-sembilan-masalah-ketahanan-pangan

http://economy.okezone.com/read/2015/06/10/320/1163072/tiga-jurus-menjaga-ketahanan-pangan

Pasaribu, Rowland Bismark Fernando. Bahan Ajar Perekonomian Indonesia. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, Kenari.

1 komentar: