JellyPages.com

Jumat, 29 Mei 2015

Pergerakan Industrialisasi di Indonesia


Topik  : 12. Industri dan Industrialisasi
  
Sektor industri menjadi sebuah sektor yang makin marak beberapa tahun terakhir ini, alasannya mungkin agar perekonomian dalam negeri dapat bersaing dengan perekonomian luar negeri yang semakin maju. Sektor industri ini sendiri sekarang telah menjadi sumber pendapatan negara yang utama dan menjadi penggerak perkonomian negara kita. Industrialisasi ini dipercaya menjadi sebuah awal kemakmuran bagi suatu negara yang mengembangkannya. Pertumbuhan ekonomi berjalan seiring meningkatnya kecanggihan di zaman modern ini sehingga menuntut sebuah negara untuk tidak kalah dalam hal industri. Dalam perkembangannya industrialisasi memiliki tujuan: memanfaatkan sumber daya alam serta sumber daya manusia yang ada, membuaka lapangan pekerjaan, menambah devisa negara serta mempercepat pergerakan ekonomi negara. Namun dalam perkembangannya, terdapat faktor – faktor yang dapat menghambat industrialisasi seperti, terbatasnya dana pemerintah, kualitas sumber daya manusia yang masih kurang, serta terbatasnya teknologi yang dimiliki. Hambatan tersebut sudah harus dapat diatasi jika menginginkan perkembangan pesat dalam industrialisasi di Indonesia. Selain hambatan ada pula faktor yang dapat membangkitkan industrialisasi kita, seperti ideologi yang baik, kepemimpinan dari pemerintah yang tegas, serta inovasi dalam struktur organisasi. Seorang pengamat ekonomi menurutnya, sektor industri dapat menjadi pengganti sektor komoditas yang sedang jatuh harganya, dengan begitu sektor industri merupakan sektor efektif yang harusnya dikembangkan secara baik, namun hal tersebut terdapat kendala yaitu pertumbuhan investasi yang belum mendorong sektor industri, penyebabnya dikarenakan pemerintah yang belum memiliki strategi industrialisasi yang baik.

Sektor Industri
Dikutip dari situs berita antaranews.com pada tahun 2013 kemenperin merencanakan strategi untuk mempercepat perkembangan industrialisasi di Indonesia menyusul dengan akan diselenggarakannya AEC 2015 yang mana akan membuat persaingan dalam perekonomian akan semakin meningkat. Strategi kemenperin tersebut yaitu, mendorong partisipasi dunia usaha dalam pembangunan infrastruktur, percepatan proses pengambilan untuk menyelesaikan hambatan birokrasi, reorientasi kebijakan ekspor bahan mentah dan sumber energi, mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing, serta yang terakhir meningkatkan integrasi pasar domestik. Strategi yang telah dikemukakan tersebut diharapkan dapat menjadi awal berkembangnya industrialisasi di Indonesia ke depannya.
Sebagai warga negara tentunya mendukung segala yang menjadi keputusan negara selama keputusan tersebut dapat membawa perkembangan perekonomian Indonesia kearah yang lebih baik dan dapat mensejahterakan rakyatnya.
Oleh karena itu, segala kegiatan evaluasi dan pembelajaran perlu diperhatikan dan dilakukan dengan baik agar apa-apa saja yang menjadi kekurangan dan penghambat suatu negara untuk berkembang perekonomiannya dapat diketahui dan diatasi.



Referensi:
http://www.antaranews.com/berita/381734/lima-strategi-kemenperin-percepat-industrialisasi-nasional


Pasaribu, Rowland Bismark Fernando. Bahan Ajar Perekonomian Indonesia. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, Kenari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar