JellyPages.com

Rabu, 23 Desember 2015

Bagaimanakah Koperasi Yang Ideal



Dalam memulai suatu kegiatan di dalam koperasi sudah seharusnya dilakukan penyuluhan terhadap calon – calon anggota koperasi dimana agar pelaksanaannya nanti dapat sesuai dengan tujuan koperasi sebenarnya dan sesuai pula dengan persepsi masing – masing orang di dalamnya, jadi penyuluhan tersebut bertujuan untuk menyamakan pendapat dari para anggota dan pengurus tentang apa saja yang perlu bersama – sama diwujudkan dalam berkoperasi. Pendirian koperasi perlu melalui tahap – tahap yang sesuai dengan hukum yang mengatur koperasi agar berdirinya koperasi dapat dinyatakan sah dan resmi, serta keberlangsungan koperasi bisa dipertanggungjawabkan. Koperasi yang baik adalah koperasi yang memiliki pondasi yang kuat dan mampu menopang koperasi itu untuk terus berdiri, pondasi tersebut merupakan orang – orang yang terlibat di dalam koperasi itu sendiri, yaitu anggota, pengurus, pemerintah, serta hukum yang melandasinya. Dimana kesinambungan peran masing – masing sangat diperlukan agar membentuk koperasi yang dikatakan ideal dan dapat mewujudkan tujuan yang sebenarnya harus dicapai oleh koperasi.
Di dalam koperasi, tentu terdapat pengurus dan anggota yang mengatur segala kegiatan yang berkaitan dengan arus dana yang mengalir masuk – keluar dalam koperasi. Koperasi yang ideal adalah koperasi yang memiliki pengurus sesuai kriteria dan yang terutama adalah bertanggung jawab, bagaimana pengurus koperasi yang bertanggung jawab itu? Pengurus yang bertanggung jawab itu harus berani dalam mengambil resiko, sebesar apapun itu, karena dengan berani pengurus mampu mempertahankan koperasi tidak hanya dalam kondisi stabil tetapi mampu bertahan jika perekonomian daerahnya atau negara sedang tidak dalam keadaan baik. Selanjutnya pengurus harus memiliki jiwa kepemimpinan, dimana tentu kepemimpinan merupakan unsur terpenting jika ingin menjadi seorang pengurus organisasi apalagi koperasi yang bertanggung jawab pada orang banyak terutama anggota. Lalu sebagai pengurus koperasi juga hrus memiliki integritas tinggi dimana dalam setiap kebijakannya benar – benar dilakukan dengan sebaik- baiknya tidak hanya sekedar berbicara tetapi juga mengerjakannya, serta tidak mudah terpengaruh dengan masalah – masalah yang mempengaruhi koperasi dan mampu mempertahankan kelangsungan koperasi. Yang paling penting tentu pengurus harus memiliki pengetahuan segala tentang koperasi, karena tanpa pengetahuan tersebut pengurus tidak akan mampu menjalankan tugas dan perannya sebagai pemimpin koperasi. Begitulah unsur – unsur sebagai pengurus koperasi yang harus mampu dipenuhi agar tujuan koperasi dapat dicapai dan tentunya memenuhi syarat untuk menjadi koperasi yang ideal.
Tidak hanya pengurus yang harus mampu menjadikan koperasi menjadi koperasi yang ideal tetapi juga anggota – anggota yang bertanggung jawab dalam pelaksaan koperasi tentu mampu menjadikan koperasi menjadi lebih baik dan yang terpenting mampu bertahan, lalu ada pemerintah yang tentunya sangat diperlukan sekali dukungannya dalam menjalankan kegiatan di dalam koperasi untuk menunjang segala kegiatan di dalam koperasi itu sendiri. Pelaksanaan koperasi harus dikelola secara profesional agar koperasi tersebut termasuk dalam kategori koperasi ideal karena pengelolaannya yang sesuai dengan yang ditetapkan dan juga mampu bertahan dikala perekonomian negara tidak stabil.
Pendidikan koperasi kepada setiap anggotanya juga diperlukan agar dalam pelaksanaannya, setiap orang yang terlibat dalam koperasi memiliki pengetahuan yang luas berkaitan dengan koperasi agar koperasi dapat dikelola dengan baik ditangan orang – orang yang benar. Kedisiplinan setiap anggota dan pengurusnya juga merupakan unsur yang dapat menjadikan koperasi menjadi koperasi yang ideal, karena dengan disiplin anggota dan pengurus akan melaksanakan tugas dan perannya dengan teratur serta sesuai kesepakatan bersama. Jika anggota dan pengurus disiplin maka segala kegiatan yang diatur di dalam koperasi akan berjalan dan pengelolaannya juga akan tertata sesuai prosedur. Dalam pembagian SHU juga harus adil maka koperasi tersebut bisa dikatakan ideal. Untuk menjadi koperasi yang ideal, koperasi harus berdiri dari bawah maksudnya adalah koperasi didirikan oleh anggota bersama pengurus dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat, bukan dari atas dimana hanya untuk keperluan atau kepentingan politik dan semacamnya, jika koperasi berdiri dari atas maka kemungkinan koperasi itu untuk bertahan sangat kecil karena tidak didasari dengan rasa ingin mengelola koperasi tersebut dengan baik. Tentu itu yang menjadi masalah koperasi di Indonesia karena kebanyakan berdiri dari atas dan bukan karena kerjasama antara anggota dan pengurusnya.
Pengurusan serta pengelolaan koperasi harus didasarkan pada kerjasama antar anggota dan pengurusnya, maka dari itu diperlukan sekali kesinambungan peran keduanya dalam mengelola segala kegiatan koperasi agar koperasi tersebut maju dan bisa terorganisir dengan baik dan bertanggung jawab. Memiliki anggota yang banyak dan juga loyal juga dapat menjadi pemicu untuk koperasi tersebut bertahan. Koperasi juga merupakan sebuah lembaga yang harus memiliki landasan yang kuat agar mampu bersaing di era globalisasi saat ini yang tentunya memberikan pengaruh yang cukup signifikan untuk keberlangsungan koperasi, untuk itu kelembagaan yang kuat dapat menjadi faktor untuk menjadi koperasi yang ideal.
Koperasi yang ideal tidak harus besar, namun didalamnya memiliki anggota serta kepengurusan yang baik dan sesuai kriteria koperasi. Jika ingin menjadi koperasi yang besar atau dalam artian memiliki usaha yang besar, maka kita harus memenuhi bebrapa krietria seperti, partisipasi aktif dari anggota dalam bentuk perannya juga modal, usaha yang dilakukan dalam skala ekonomi dan yang terpenting adalah koperasi yang besar terbentuk karena pengelolaan yang profesional.
Setiap anggota dan pengurus harus bersungguh – sungguh menjalankan perannya untuk terciptanya koperasi yang ideal. Jadi menurut saya koperasi yang ideal adalah koperasi yang mampu bertahan ditengah – tengah perekonomian yang tidak stabil dan pengaruh globalisasi yang mulai mendominasi. Oleh karena itu, disiplinkan diri, atur strategi bagaimana koerasi dapat ikut memajukan perekonomian negara, karena koperasi merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang sesuai dengan identitas negara kita yaitu kekeluargaan dan pastinya perlu diperthankan dan diusahakan semaksimal mungkin.

Reference:
konsultankoperasi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar