JellyPages.com

Minggu, 12 April 2015

Bagaimana Hubungan Inflasi dengan Pengangguran dan Kesempatan Kerja?


Topik    : 6. Masalah Perekonomian Indonesia

Meningkat atau menurunnya tingkat inflasi tentunya memberikan dampak bagi perekonomian di suatu negara, dan inflasi ini sendiri juga dapat mempengaruhi tingkat pengangguran dan kesempatan kerja. Bagaimana inflasi mempengaruhi tingkat pengangguran dan juga kesempatan kerja dalam suatu negara? Dalam hal ini pengangguran juga sudah menjadi permasalahan ekonomi yang belum tuntas teratasi. Jika dilihat, apabila tingkat pengangguran tinggi dapat dipastikan kalau kesempatan kerja yang ada volumenya rendah, tidak seimbang dengan banyaknya angkatan kerja yang ada. Dampak dari inflasi jangka pendek menunjukkan adanya pertumbuhan di dalam perekonomian, namun jika inflasi berlangsung dalam jangka panjang dan berada dalam tingkat yang tinggi dapat berdampak buruk. Jika tingkat inflasi yang tinggi tersebut terus berlanjut dapat menyebabkan meningkatnya harga barang lokal dibanding harga barang impor sehingga dengan begitu masyarakat cenderung membeli barang impor dan itu akan berdampak pada permintaan produksi barang lokal yang menurun sehingga harus dikurangi produksinya, karena itu pekerja juga mau tidak mau harus dikurangi karena produksi yang dilakukan tidak dalam volume banyak seperti biasanya, dan itu menyebabkan terjadinya pengangguran. Dengan begitu, terlihat sekali kalau inflasi dapat memberikan dampak yang buruk karena menyebabkan pengangguran dan menurunnya kesempatan kerja.
Dalam sebuah situs berita metrotvnews.com "Di April, kita lihat dihasil survei BI pada minggu pertama, itu terlihat inflasi akan berada pada kisaran 0,35 persen hingga 0,45 persen." Menurut Gubernur BI - Agus DW Martowardojo, prediksi pada April tersebut dipengaruhi faktor administered price (harga yang diatur pemerintah). Dapat dilihat kalau inflasi sangat tidak menentu dan selalu berubah – ubah, bisa meningkat bisa juga menurun. Para ekonom juga berpendapat bahwa tingkat inflasi yang terlalu tinggi merupakan awal dari memburuknya perekonomian negara. Dampak yang lebih jauhnya adalah meningkatnya pengangguran.
Hubungan inflasi dengan pengangguran dan kesempatan kerja dapat dijelaskan menggunakan kurva Phillips. Penggunaan kurva ini untuk menunjukkan hubungan antara inflasi dan pengangguran.
Diharapkan, inflasi dapat tetap dalam keadaan stabil dan tidak terus – menerus mengalami peningkatan agar pengangguran dapat dikurangi dengan melaksanakn kebijakan – kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah yaitu kebijakan moneter dan fiskal secara baik.


Referensi:
http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2015/04/10/384300/bi-perkirakan-inflasi-april-0-35-0-45


Pasaribu, Rowland Bismark Fernando. Bahan Ajar Perekonomian Indonesia. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, Kenari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar