JellyPages.com

Senin, 20 April 2015

Peningkatan Investasi dan Penanaman Modal Asing kearah yang Lebih Baik




Topik    : 7. Investasi dan Penanaman Modal
  
Dalam suatu negara, kegiatan investasi dan penanaman modal menjadi salah satu faktor serta cara untuk melengkapi sektor – sektor perekonomian negara. Investasi ini merupakan suatu kegiatan dalam ekonomi dimana melibatkan uang dan segala bentuk aktiva yang mana diakumulasi dengan harapan dapat memberikan keuntungan. Penanaman modal asing di Indonesia yang terus tumbuh menimbulkan dampak positif yaitu daya saing global yang mengalami peningkatan, tentu hal ini membuat pemerintah turut senang sehingga lahan untuk penanaman modal asing semakin terbuka lebar, namun tetap memperhatikan aturan – aturan dan batasan – batasan yang berlaku sesuai Undang – Undang. Sektor yang sudah banyak diincar oleh perusahaa asing yaitu sektor industri makanan minuman, namun walu sedang diminati tidak menutup kemungkinan bahwa industri makanan dan minuman akan mengalami persaingan yang cukup ketat dengan negara lain dan produk lokal (dalam negeri). Dalam berbagai survei, Indonesia mendapatkan peringkat yang cukup baik dalam hal tujuan investasi, karena itu investor asing semakin gencar untuk bisa menanamkan modalnya di negeri ini. Seperti dikutip dari situs berita tempo.co yang mengatakan “Dalam kunjungan kenegaraan beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Shinzo Abe menyepakati pelaksanaan General Review Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Tujuan utama pelaksanaan General Review IJEPA ini adalah untuk meningkatkan dan memperluas hubungan perdagangan dan investasi kedua negara berlandaskan prinsip utama saling menguntungkan dan saling berkeseimbangan.” Menteri Perdagangan Rachmat Gobel juga mengatakan bahwa “Setidaknya empat perusahaan berkomitmen menambah investasi, mereka menambah investasi untuk meningkatkan ekspor mesin dan komponen serta penguatan kapasitas di Indonesia untuk periode 2015-2017.” Dari berita tersebut bisa dilihat bahwa investasi mengalami peningkatan yang cukup baik, banyak negara asing yang ingin menanamkan modalnya. Hal tersebut tentunya membawa kabar baik bagi perekonomian Indonesia. 

Investasi

Sektor Industri Minuman

Namun tidak semua negara berkeinginan untuk menanamkan modalnya di Indonesia, misalnya saja Cina, memang banyak rencana – rencana investasi yang dilakukan namun tidak semuanya terealisasi, hanya sebagian kecil saja yang dapat direalisasikan. Hal itu membuat kita bertanya – Tanya, kenapa? Tentunya ada alasan – alasan yang menyebabkan hal itu terjadi menurut Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) seperti, investor yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi mengenai Indonesia, lalu investor tidak menemukan mitra yang tepat serta proses birokrasi atau perizinan di Indonesia yang yang rumit. Beberapa alasan itulah yang menjadikan Cina mungkin enggan untuk berinvestasi di negeri ini.
Meski tidak semua rencana – rencana investasi tersebut terealisasi, namun tentunya ada sebagian negara yang menanamkan modalnya di Indonesia dan merasa puas dan bahkan berencana untuk menambah investasinya. Penambahan investasi tersebut tentunya dengan memperhatikan bagaimana pertumbuhan perekonomian Indonesia yang positif kedepannya. Peluang penambahan investasi tersebut tentunya tidak akan disia-siakan demi kemajuan ekonomi negara.
Oleh karena itu, dengan meningkatnya investasi dan penanaman modal di Indonesia tentunya sebagai warga negara dan pemerintah bersama – sama menjalankan kebijakan – kebijakan serta aturan – aturan yang berlaku dengan sebaik – baiknya agar kedepannya minat investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia semakin meningkat dan membawa Indonesia menjadi negara yang perkeonomiannya meningkat kea rah yang lebih baik lagi.



Referensi:
http://www.tempo.co/read/news/2015/04/02/090654910/Empat-Korporasi-Jepang-Tambah-Investasi

Pasaribu, Rowland Bismark Fernando. Bahan Ajar Perekonomian Indonesia. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, Kenari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar