JellyPages.com

Minggu, 05 April 2015

Bagaimana Jalannya Kebijakan Moneter dalam Perekonomian Negara?



Topik    : 5. Kebijaksanaan Pemerintah
                          
Monetary Policy
 



Setiap negara mempunyai kebijakan – kebijakan sendiri dimana kebijakan tersebut dilaksanakan untuk mengembangkan perekonomian negaranya, dan bagaimanakah kebijakan moneter yang diterapkan di Indonesia? Kebijakan – kebijakan di suatu negara tentunya memiliki tujuan untuk memajukan perekonomian serta mewujudkan apa yang menjadi cita – cita dan tujuan ekonomi negaranya. Untuk mewujudkan itu semua tentu pemerintah harus menciptakan strategi – strategi serta memunculkan alternatif – alternatif yang dapat membangkitkan perekonomian negara. Kebijakan yang dilakukan di Indonesia adalah kebijakan moneter dan fiskal, disini hanya akan dijelaskan mengenai kebijakan moneter, bagaimana jalannya kebijakan tersebut di Indonesia. Kebijakan moneter di Indonesia sendiri dilakukan oleh Bank Indonesia. BI memiliki tujuan untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Dalam menjalankan kebijakan ini BI mempunyai kewenangan dalam penetapan uang yang beredar dengan tujuan untuk menjaga kestabilan nilai uang dan mencegah inflasi. Kebijakan itu terus diperbaharui seperti dikutip dari situs berita antaranews.com yang menjelaskan bahwa “Kebijakan moneter bias ketat masih diperlukan sepanjang 2015, karena upaya menjaga stabilitas perekonomian masih dibayangi berbagai tekanan ekonomi global, dan ancaman laju inflasi dari domestik” serta pernyataan dari Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo yang mengatakan "Lupakan pertumbuhan jika tanpa stabilitas, maka kecenderungan kami, kebijakan moneter bias ketat masih akan dijaga". Menurutnya respon kebijakan untuk mengantisipasi tekanan ekonomi global dan juga domestik dapat dilakukan dengan bauran kebijakan moneter dan fiskal, kebijakan moneter dan makro ekonomi, serta kebijakan moneter dengan keadaan struktural perekonomian. Dengan berbagai cara ditempuh untuk menjaga kestabilan perkonomian.

Pengetatan dalam kebijakan moneter tersebut dilakukan untuk memperkecil defisit transaksi berjalan dan menguatkan nilai tukar rupiah, karena dengan mengecilnya defisit transaksi berjalan maka nilai tukar rupiah dapat mengalami penguatan dan terjaga kestabilannya.

Dengan segala upaya yang telah diterapkan oleh pemerintah, diharapkan ke depannya inflasi dapat dicegah dan nilai tukar rupiah tidak melemah dan dapat terus stabil agar perekonomian Indonesia berjalan ke arah yang lebih baik agar masyarakat di Indonesia mendapatkan kesejahteraannya.





Referensi:        

http://www.antaranews.com/berita/475681/bi--kebijakan-moneter-bias-ketat-masih-diperlukan


Pasaribu, Rowland Bismark Fernando. Bahan Ajar Perekonomian Indonesia. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, Kenari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar