JellyPages.com

Minggu, 15 Maret 2015

Perlunya Perencanaan Pembangunan dalam Perekonomian di Negara yang sedang Berkembang


Topik    : 2. Perkembangan Strategi Perencanaan Pembangunan Indonesia

Seperti yang saya tulis sebelumnya bahwa negara kita yaitu NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) menganut sistem perekonomian campuran yang berlandaskan asas kekuargaan dan berdasarkan UUD 1945 pasal 33 dimana pasti kita ingin mengetahui bagaimana perencanaan yang dilakukan pemerintah dalam membangun perekonomian Indonesia yang lebih baik terutama di dalam sistem perekonomian yang kita anut yaitu perekonomian campuran, apakah perlu perencanaan tersebut dilakukan atau hanya sekedar wacana? Tentunya itu menjadi pertanyaan banyak masyarakat. Perekonomian di dalam suatu negara tentu sangat amat diperlukan perencanaan – perencanaan yang matang dari pemerintah dan aspirasi – aspirasi masyarakat yang membangun terutama pada negara yang sedang berkembang, perekonomian di negara ini sangat diperlukan perencanaan serta pengawasan yang konsisten karena mengapa? Karena negara yang sedang berkembang, perekonomiannya masih baru dan masih perlu dikembangkan menjadi lebih baik agar dapat sejajar dengan negara – negara maju.
Dalam perekonomian campuran tentu pengelolaan sumber dayanya dilakukan oleh pihak swasta dan juga pihak pemerintah. Menurut para ahli ekonomi yang mengatakan bahwa negara – negara yang sedang berkembang memerlukan perlakuan atau perencanaan pembangunan khusus dikarenakan negara tersebut masih dalam tahap berkembang yang tentunya masih banyak masalah – masalah ekonomi serta sosial yang masih perlu diatasi untuk itu perlu melalui tahap perencanaan yang matang.
Masyarakat di kebanyakan negara maju memiliki taraf hidup yang sangat tinggi tentunya menimbulkan kecemburuan sosial di dalam negara berkembang, karena sudah pasti negara yang sedang berkembang memiliki keinginan pula untuk meninggikan taraf hidupnya agar lebih baik dari sebelumnya. Untuk itu perencanaan pembangunan terutama pada sektor ekonomi sangat diperlukan di negara tersebut. Menurut penduduk di negara – negara baru yang sebelumnya pernah mengalami penjajahan, mereka berpendapat bahwa negara yang sudah berkembang atau maju telah memanfaatkan kekuatan ekonomi serta politik yang mereka punya untuk memperoleh keuntungan besar dari perdagangan negara yang dijajahnya. Dari pernyataan tersebut bisa dilihat bahwa negara maju memiliki strategi perekonomian, mereka juga dapat memanfaatkan peluang yang ada secara baik, oleh karena itu negara tersebut bisa maju seperti sekarang.
Dengan begitu, untuk negara – negara yang sedang berkembang diharapkan dapat memunculkan strategi – strategi yang mana dapat membawa kesejahteraan di dalam perekonomian negaranya. Dalam praktik sebenarnya, negara – negara maju dapat dilihat sebagai contoh bagaimana mereka dapat memiliki perekonomian yang amat baik dan dapat mensejahterakan masyarakatnya.


Referensi:
kompasiana.com

Pasaribu, Rowland Bismark Fernando. Bahan Ajar Perekonomian Indonesia. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, Kenari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar