JellyPages.com

Senin, 02 Maret 2015

Menjaga Kestabilan Perekonomian Negara


Perekonomian suatu negara tentu tidak pernah diam di satu tempat, karena selalu mengalami perubahan setiap waktunya. Perekonomian yang stabil lebih disukai oleh seluruh aspek masyarakat dibandingkan dengan perekonomian yang mengalami gejolak. Kestabilan perekonomian dapat diukur dengan melihat beberapa indikator seperti, jumlah uang yang beredar, suku bunga, nilai tukar, inflasi, serta pengangguran.

Ketidakstabilan perekonomian sepanjang tahun 2005 dapat dilihat dari adanya peningkatan inflasi dan suku bunga dan adanya peningkatan jumlah pengangguran. Laju inflasi yang tidak stabil disebabkan karena adanya gangguan pasokan dan distribusi sehingga menyebabkan naiknya harga bahan makanan.

Untuk itu segala upaya dilakukan oleh pemerintah agar perekonomian negara menjadi lebih stabil yaitu dengan mengeluarkan kebijakan untuk menjaga kestabilan ekonomi nasional. Kebijakan tersebut diantaranya: menjaga keberlangsungan ekspor, menjaga kesinambungan devisa, menjaga stabilitas likuiditas serta mencegah terjadinya perang harga, meningkatkan pengawasan barang yang beredar, dsb.

Dengan adanya kebijakan – kebijakan yang dilakukan pemerintah diharapkan agar perekonomian di negara ini menjadi lebih stabil dan tidak berada dalam krisis serta berkembang kearah yang lebih baik lagi.


cr. kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar