JellyPages.com

Minggu, 10 Mei 2015

Besarnya Pengaruh Sektor Luar Negeri di Indonesia


Topik  : 9. Peran Sektor Luar Negeri Pada Perekonomian Indonesia

Dalam perkembangannya, perekonomian Indonesia tentu didasari dan dijalani dalam berbagai sektor, ada sektor yang dijalankan oleh pemerintah yaitu sektor dalam negeri dan juga sektor luar negeri yang merupakan hasil kerjasama pemerintah dengan pihak luar. Lebih dominan manakah antara sektor dalam negeri dengan luar negeri dalam membantu perkembangan ekonomi di Indonesia? Kedua sektor tersebut tentu menjalankan tugas secara berkesinambungan, keduanya memiliki hubungan dimana jika salah satu dari sektor tersebut tidak berjalan dengan baik maka perekonomian pun tidak berjalan dengan baik pula. Karena itu kedua sektor tersebut harus dijalankan secara seimbang dan tidak berat sebelah. Yang akan dibahas disini bagaimanakah peran sektor luar negeri dalam perekonomian Indonesia, sebagai contoh sektor luar negeri dalam perdagangan antar negara, tentu kegiatan ekspor - impor atau perdagangan antar negara tersebut berperan sangat penting untuk mengembangkan perekonomian, ekspor - impor tersebut dilakukan di berbagai sektor seperti pertanian, industri, dll. Peran sektor luar negeri itu sendiri adalah dapat meningkatkan keuangan nasional, menambah devisa negara, meningkatkan investasi, serta memperkuat perdagangan Indonesia dalam persaingan global.

Usaha Kecil dan Menengah (UKM)
Keunggulan dari peran yang dimiliki oleh sektor luar negeri diantaranya lebih cepat pulih jika mengalami krisis ekonomi dibandingkan dengan sektor dalam negeri. Saat ini yang mendominasi untuk perdagangan antar negara dipegang oleh ekspor di sektor pertanian, namun untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi tentu dengan melalui investasi, seperti dikutip dari republika.co.id, ketua BKPM yang mengatakan “Dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini sebesar 5,1 persen, Untuk mencapai perekonomian yang kokoh dan stabil, perekonomian kita harus tumbuh sebesar 7-8 persen. Untuk mencapai pertumbuhan tersebut tentunya melalui investasi,” untuk itu sektor luar negeri sangat perlu diperhatikan dan dikembangkan agar perekonomian yang stabil dapat tercapai.
Jika kita lihat bahwa akan diadakannya AEC 2015 memberikan dampak yang cukup besar bagi masyarakat, persaingan dalam ekonomi akan semakin gencar ditambah lagi dengan warga negara asing yang ikut bergabung tentunya memberikan perubahan yang sangat jauh berbeda, karena persaingan yang semakin ketat menuntut warga negara Indonesia untuk lebih unggul dibanding WNA nanti yang akan masuk ke Indonesia jika tidak ingin kalah saing dan tenggelam usahanya. Diadakannya AEC ini juga menunjukkan bahwa peran sektor luar negeri dalam perekonomian negara kita semakin besar dan tentunya harus dihadapi dengan bijaksana dan sesuai aturan, agar peran sektor dalam negeri tidak tenggelam dan tetap seimbang dengan peran sektor luar negeri.
Oleh karena itu, masyarakat Indonesia perlu dibekali pengetahuan dan sosialisasi tentang AEC ini, kita harus mengubah mindset atau cara pandang kita dalam menghadapi persaingan ekonomi dari AEC 2015 ini. Daya saing kita terutama pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) perlu ditingkatkan agar dapat terus menjalankan usahanya tanpa harus kalah saing.


Referensi:
http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/15/02/26/nkd9ap-bkpm-dorong-peran-aktif-perwakilan-bkpm-di-luar-negeri

http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/mikro/13/12/09/mxjbx3-hadapi-mea-2015-ukm-harus-dibantu

Pasaribu, Rowland Bismark Fernando. Bahan Ajar Perekonomian Indonesia. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, Kenari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar