JellyPages.com

Minggu, 16 November 2014

Badan Usaha dalam Bisnis

Pengantar Bisnis [Bag. 5]

Disamping harus memilki sumber daya manusia yang memadai, perusahaan harus memiliki badan usaha untuk membantunya dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya agar lebih efektif karena bada usaha memberikan perusahaan sebuah lisensi dimana agar perusahaan tersebut legal dalam menjalankan usaha dan kegiatannya.

Badan usaha juga dapat membantu perusahaan dalam melindungi dari masalah – masalah yang mungkin saja muncul selama berjalannya kegiatan usaha perusahaan, sehingga badan usaha ini merupakan unsur yang penting dari perusahaan. Badan usaha juga dapat menjadi acuan suatu perusahaan dalam menjalankan usahanya agar tidak menyimpang dari hak dan kewajibannya, sehingga dapat mengurangi pelanggaran – pelanggaran yang mungkin muncul.
Macam – macam bentuk badan usaha, yaitu :
                                                       
   1.    Perusahaan Perseorangan
   2.    Firma (fa)
   3.    Perseroan Komanditer (CV)
   4.    Perseroan Terbatas (PT)
   5.    Koperasi dan Yayasan

Perusahaan perserorangan, seperti namanya yaitu perseorangan, semua tanggung jawab dan hak ditanggung oleh si pemilik secara langsung.

Firma, didirikan oleh dua orang atau lebih yang mana masing – masing anggotanya bertanggung jawab atas jalannya usaha tersebut.

CV, didirikan oleh dua orang atau lebih yang keuntungannya dibagi sesuai kesepakatan antar anggota.

PT merupakan badan usaha yang modalnya diperoleh dari penjualan saham, dan masing – masing pemilik saham dapat memiliki keuntungan dari saham yang diberikannya pada perusahaan.

Yayasan, badan usaha ini bertujuan untuk sosial tidak mencari keuntungan dalam kegiatan yang dilakukannya.

cr. sites.google.com ; wikipedia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar