JellyPages.com

Rabu, 26 November 2014

Pemasaran dalam Suatu Perusahaan

Pengantar Bisnis [Bag. 9]




          Dalam bisnis kita tentu tidak bisa jauh dari kegiatan yang disebut pemasaran, karena kegiatan tersebut merupakan unsur penting dalam berjalannya suatu bisnis. Dalam bahasa inggris disebut marketing. Pemasaran berhubungan langsung dengan konsumen sehingga kegiatan ini sangat menunjang bagi kelangsungan hidup bisnis yang dijalani.
         
Kegiatan pemasaran harus dapat memberikan pelayanan yang baik dalam hal menawarkan produk yang dijual, agar dapat memberikan kepuasan kepada konsumen. Pemasaran diharuskan menjadi sarana bagi perusahaan memberikan kepuasan dalam penawaran dan pembelian, sarana untuk mengetahui kebutuhan – kebutuhan yang diinginkan konsumen.

          Perusahaan harus mengetahui bagaimana cara penawaran yang baik dan benar dalam melakukan kegiatan pemasaran. Perusahaan juga harus selalu siap dengan perubahan – perubahan yang terjadi terhadap konsumen, karena kebutuhan konsumen yang setiap saat bisa saja berubah. Minat pemasaran dapat meningkat dikarenakan :
          1.    Persaingan yang semakin ketat dan terus meningkat
          2.    Jumlah penjualan yang menurun
          3.    Kebutuhan konsumen yang berubah

Tiga unsur konsep pemasaran:
          1.    Kepuasan konsumen
          2.    Orientasi terhdapa konsumen
          3.    Susunan kegiatan pemasaran

Di dalam pemasaran juga terdapat manajemen yang harus tertata, yang
disebut manajemen pemasaran. Definisi dari manajemen pemasaran adalah perencanaan dan pelaksanaan serta pengawasan dalam kegiatan – kegiatan yang dilakukan suatu perusahaan agar terstruktur dan terjadwal dengan baik.

Tujuan sistem pemasaran adalah :
           ·         Untuk memperkenalkan produk kepada konsumen
           ·         Mempromosikan suatu perusahaan
           ·         Melakukan perbandingan terhadap pasar
           ·         Sebagai acuan untuk peningkatan produksi perusahaan

Jadi, kegiatan pemasaran sangat berperan penting dalam keberlangsungan suatu usaha agar dapat diketahui sejauh mana produk yang ditawarkan telah diterima konsumen sesuai dengan kebutuhannya.


cr. wikipedia ; menarailmuku.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar