Pengantar
Bisnis [Bag. 9]
Dalam
bisnis kita tentu tidak bisa jauh dari kegiatan yang disebut pemasaran, karena
kegiatan tersebut merupakan unsur penting dalam berjalannya suatu bisnis. Dalam
bahasa inggris disebut marketing. Pemasaran berhubungan
langsung dengan konsumen sehingga kegiatan ini sangat menunjang bagi
kelangsungan hidup bisnis yang dijalani.
Kegiatan pemasaran harus dapat
memberikan pelayanan yang baik dalam hal menawarkan produk yang dijual, agar
dapat memberikan kepuasan kepada konsumen. Pemasaran diharuskan menjadi sarana
bagi perusahaan memberikan kepuasan dalam penawaran dan pembelian, sarana untuk
mengetahui kebutuhan – kebutuhan yang diinginkan konsumen.
Perusahaan
harus mengetahui bagaimana cara penawaran yang baik dan benar dalam melakukan
kegiatan pemasaran. Perusahaan juga harus selalu siap dengan perubahan – perubahan
yang terjadi terhadap konsumen, karena kebutuhan konsumen yang setiap saat bisa
saja berubah. Minat pemasaran dapat meningkat dikarenakan :
1.
Persaingan
yang semakin ketat dan terus meningkat
2.
Jumlah penjualan
yang menurun
3.
Kebutuhan
konsumen yang berubah
Tiga unsur konsep pemasaran:
1.
Kepuasan konsumen
2.
Orientasi
terhdapa konsumen
3.
Susunan kegiatan
pemasaran
Di
dalam pemasaran juga terdapat manajemen yang harus tertata, yang
disebut manajemen pemasaran. Definisi dari
manajemen pemasaran adalah perencanaan dan pelaksanaan serta pengawasan dalam
kegiatan – kegiatan yang dilakukan suatu perusahaan agar terstruktur dan
terjadwal dengan baik.
Tujuan
sistem pemasaran adalah :
·
Untuk memperkenalkan
produk kepada konsumen
·
Mempromosikan
suatu perusahaan
·
Melakukan
perbandingan terhadap pasar
·
Sebagai acuan
untuk peningkatan produksi perusahaan
Jadi, kegiatan pemasaran sangat
berperan penting dalam keberlangsungan suatu usaha agar dapat diketahui sejauh
mana produk yang ditawarkan telah diterima konsumen sesuai dengan kebutuhannya.
cr. wikipedia ; menarailmuku.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar