Pengantar
Bisnis [Bag. 8]
Dalam
perekonomian di Indonesia tidak hanya didominasi oleh perusahaan – perusahaan
besar namun banyak pula yang melakukan usaha – usaha dalam perusahaan kecil.
Bahkan, perusahaan – perusahaan kecil sekarang ini sudah menjadi pioneer serta
tulang punggung di dalam pergerakan ekonomi Indonesia. Sebagai contoh sudah
banyak sekali perusahaan kecil yang menjual kerajinan - kerajinan tradisional
khas Indonesia yang sudah menembus pasar nasional hingga internasional, jadi
peran perusahaan kecil sangat besar bagi perkembangan perekonomian di
Indonesia. Semakin banyak perusahaan – perusahaan kecil yang usahanya berkembang
pesat maka perkembangan perekonomian di Indonesia sudah menuju ke arah yang
lebih baik.
Di
era globalisasi saat ini tentunya tidak luput oleh perkembangan – perkembangan
perusahaan – perusahaan waralaba yang menanamkan usahanya di Indonesia, seperti
restoran fast food atau cepat saji. Bisnis restoran cepat saji ini sangatlah
berkembang pesat dikarenakan masyarakat kota yang bisa disebut konsumtif,
biasanya masyarakat dari kalangan atas.
Keuntungan
dari perusahaan kecil, yaitu :
- Dapat bergerak bebas dalam mengembangkan usahanya karena tidak banyak anggota yang menjadi pelaku usaha di dalamnya.
- Lebih merakyat dalam artian perusahaan kecil ini dekat dengan rakyat.
Sedangkan
kelemahan dari perusahaan kecil, yaitu :
- Setiap kegiatan usaha dari perusahaan besar, menengah hingga kecil selalu menimbulkan resiko, namun bedanya pada perusahaan kecil resiko ditanggung oleh pemilik itu sendiri karena terbatasnya anggota didalamnya.
- Modal juga menjadi kelemahan di dalam perusahaan kecil.
cr. sites.google.com/site/kewiraswastaan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar